Untung dan rugi punya peliharaan anjing



Mengapa banyak orang ingin memelihara anjing? Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan memelihara seekor anjing di dalamrumah, antara lain:

  • Hubungan emosional antara anjing dan manusia

    Hubungan antara anjing dan manusia bersifat timbal balik. Jika Anda memberi perhatian yang layak bagi anjing Anda seperti merawat dan mengelusnya, maka anjing akan merasa lebih tenang dan dekat berada dekat majikannya. Bagi manusia, kehadiran anjing akan memberi perasaan senang dan nyaman karena merasa ada yang membutuhkan manusia. Itu sebabnya anjing dapat menjadi teman terbaik manusia
  • Perlindungan untuk manusia.

    Anjing dapat memberi rasa aman pada majikannya. Kebiasaan anjing untuk menggonggong siapapun yang asing, dapat menjadi perangkat pengamanan alami bagi rumah Anda. Bahkan pemilik anjing merasa aman jika berada di dekat anjing mereka karena anjing akan menyerang siapapun yang terlihat mengancam majikannya. Selain itu, naluri anjing yang bisa mengetahui bencana alam jauh sebelumnya juga menjadi keuntungan tersendiri jika tinggal di daerah yang sering terjadi bencana.
  • Bantuan

    Anjing akan senang menjadi penolong bagi majikannya. Misalnya anjing yang menjadi penuntun orang buta. Atau anjing yang menjadi pembantu pemadam kebakaran. Selain itu, anjing juga dapat menjadi bagian tim khusus pertolongan bencana alam. Anjing juga dapat membantu petugas kepolisian mencari barang tertentu. Banyak bantuan yang diberikan oleh seekor anjing bagi majikannya bahkan pada situasi yang sulit.

Meski ada banyak keuntungan memelihara anjing, namun ada juga kerugian memelihara anjing. Apa saja kerugian yang harus Anda tanggung dengan kehadiran seekor anjing di rumah Anda? Berikut ini beberapa kerugian memelihara anjing:

  • Tanggung jawab bertambah

    Memelihara anjing berarti menambah tanggung jawab Anda, seperti memberi makan, minum, memandikan dan menyediakan tempat tinggal untuknya. Lalu Anda juga harus menyisihkan waktu Anda untuk mengajak jalan atau berolahraga dengan anjing kesayangan Anda. Dan masih banyak kebutuhan sehari-hari yang harus dilakukan pemilik anjing.
  • Masalah kebersihan dan Kesehatan

    Dengan memiliki seekor anjing, Anda harus bersiap-siap untuk membersihkan rumah dan anjing Anda dari kutu anjing, bulu anjing, kotoran, dan juga harus lebih sering membersihkan rumah. Selain itu, beberapa penyakit pada anjing juga bisa menjadi masalah tersendiri misalnya rabies.
  • Biaya

    Untuk memelihara seekor anjing juga membutuhkan biaya tambahan. Apalagi jika Anda harus menyediakan makanan khusus anjing, perawatan bulu, maupun biaya ke dokter hewan. Usia anjing rata-rata antara 12 hingga 15 tahun, maka Anda harus mempersiapkan biaya untuk jangka waktu tersebut jika ingin memelihara anjing.
  • Menimbulkan masalah dan kasus

    Jika pemilik anjing tidak terlalu memperhatikan anjingnya, maka bisa saja anjing tersebut menyerang orang lain sehingga akan menimbulkan masalah bahkan tuntutan hukum.
Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Wah... yang keren tuh gambarnya.... Bagus banget...

    BalasHapus